Senin, 07 Desember 2015

Pengertian Kapital Sosial

Kapital sosial merupakan suatu konsep yang relatif  baru. Dalam teori pembangunan kapital sosial berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Kapital dalam referensi ekonomi mempertimbangkan referensi yang bukan ekonomi seperti sosiologi  sehingga terkadang sulit mencapai titik temu dalam keseragaman pengertian. Modal sosial merupakan konsep sosiologi yang mengacu pada koneksi dan jaringan sosial. Istilah modal mengacu pada hubungan sosial dan kehidupan pribadi dalam masyarakat (Modal Sosial) .

Pembahasan utama dalam kapital sosial adalah mengenai hubungan masalah, dengan gagasan utamanya merupakan jaringan sosial. Interaksi memungkinkan orang untuk membangun masyarakat, untuk berkomitmen satu sama lain, dan menciptakan tatanan sosial untuk mencapai sebuah tujuan bersama. Hampir seluruh definisi mengenai kapital sosial (capital social) sebagai variable independent. Artinya, kapital sosial itu merupakan penyebab dari suatu tindakan individual atau tindakan kolektif yang memungkinkan suatu daya guna dan daya hasil tercapai.

Dari analisis-analisis yang dilakukan para ahli muncullah kecenderungan para ahli sosiologi dan ekonomi yang mengambil jalan pintas dalam mempelajari kapital sosial baik sebagai kajian ilmiah maupun sebagai kajian terapan, yakni mengutip begitu saja suatu definisi dari salah satu atau lebih ahli kapital sosial tanpa ada usaha untuk melihat bagaimana proses munculnya kapital sosial itu dalam tindakan individual dan kolektif.

0 komentar:

Posting Komentar